Kebiasaan Memikirkan Hal Buruk akan Berpengaruh Pada Kehidupan Kita

Kadang orang terlalu khawatir akan sesuatu yang belum terjadi, terlalu banyak berpikir yang bukan-bukan sehingga hati merasa tidak tenang. Ternyata kebiasaan memikirkan hal buruk yang belum pasti akan terjadi dapat mempengaruhi kehidupan kita bahkan akan memperburuk suasana karena ketika hati kita penuh dengan kegelapan sehingga tidak dapat berpikir jernih terutama dalam mengambil sebuah keputusan penting. Ini akan berguna untuk dibahas karena dalam kehidupan kita memang selalu dihadapkan dengan berbagai masalah yang dapat mempengaruhi mental dan tingkah laku, dan kita dituntut untuk dapat menyelesaikan setiap masalah yang ada dengan keadaan tenang.

Setiap orang pasti punya cara berbeda dalam menyelesaikan problem dalam hidupnya, sehingga ketika datang suatu masalah yang anggapan orang akan berbeda mengenai hal tersebut karena itu akan berpengaruh pada penilaian kita sendiri dan pandangan orang lain. Namun untuk dapat menghadapi setiap cobaan yang ada maka kita harus selalu berpikir positif akan suatu hal, karena dalam hal ini akan memberikan efek dalam pola pikir kita mengenai sesuatu.

gambar kartun kesal

Banyak orang mengatakan bahwa apa yang kita alami dalam kehidupan ini susah dan senang adalah cerminan dari pikiran kita sendiri. Artinya ketika kita menghadapi segala situasi dengan hati yang riang dan ketenangan hati maka akan semakin ringan hal itu akan dapat dilalui, namun di kala pikiran terlalu dibuat pusing dan rasa khawatir berlebihan dengan hal yang belum pasti dapat menjadikan keadaan bertambah buruk terutama dalam kaitannya dengan apa yang akan kita putuskan.

Oleh sebab itu amat penting bagi kita untuk menghilangkan kebiasaan berpikir akan hal-hal yang dapat menghilangkan semangat untuk bekerja, apalagi memikirkan yang bukan-bukan. Memang perlu untuk antisipasi, namun jangan sampai terlalu berlebihan dan mempengaruhi keadaan hati kita atau kehidupan kita dalam mengambil keputusan. Ini mungkin tidak akan sama dengan keadaan dalam kehidupan selanjutnya, namun berpangku tangan dan membiarkan sesuatu terjadi tanpa usaha pencegahan dari kita tentu itu bukan ide yang baik.

Meskipun kita sedang dalam keadaan yang sangat buruk, namun tetap menjaga emosi dan berpikir jernih itu amat penting. Kalau memang dirasa perlu untuk melampiaskan rasa marah mungkin dapat mengucapkan kata kata kecewa namun setelah itu harus di iringi dengan tindakan nyata untuk solusi dari masalah yang sedang terjadi. Ini penting karena dengan begitu akan menjadikan kita senantiasa berpikir untuk kebaikan dan masa depan daripada merenungi keadaan yang belum tentu akan berpengaruh pada kehidupan kita.

Dalam berbagai kesempatan mungkin akan menimbulkan keadaan yang berbeda namun itu akan semakin memberikan kesempatan pada kita untuk mencoba berbagai cara untuk sukses terutama dalam keadaan apapun, sehingga tidak akan berpengaruh pada pemikiran dimasa yang akan datang. Ini mungkin terdengar tidak nyaman bagi sebagian orang namun karena keadaan tersebut memang tidak disangka maka dapat dipastikan akan mempengaruhi keadaan hidup kita sehingga akan sangat penting bagi kita mengendalikan keadaan.